Friday, 2 October 2015

BEBERAPA MANFAAT INTERNET MARKETING

SAHLA PRINTING

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari internet marketing, namun saya hanya mengulas beberapa bagian penting saja, diantaranya :

1. Penghubung yang efektif antara produsen atau penjual produk dengan konsumen

Ada dua pihak yang jelas-jelas diuntungkan disini, yaitu pihak konsumen dan pihak pemasar (baik penjual produk maupun produsennya langsung). Keuntungan dari pihak konsumen adalah kemudahan dalam memperoleh informasi mengenai produk yang mereka cari.
Hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu di internet yang berkaitan dengan produk yang dicari, maka mereka akan disajikan banyak informasi, baik mengenai product knowledge-nya maupun tentang cara mendapatkan produk tersebut, baik dari produsen langsung maupun melalui penjualnya, seperti supplier, grosir, toko dan sebagainya.

Keuntungan dari pihak pemasar sudah sangat jelas. Mereka dengan mudah didatangi oleh orang-orang yang memang sedang mencari dan membutuhkan produknya. Dalam dunia internet marketing, kebanyakan yang terjadi adalah konsumen yang mendatangi pemasar, bukan sebaliknya.
Sebetulnya masih banyak pihak yang diuntungkan, diantaranya adalah para mediator, yang umumnya merupakan pihak penyelenggara jasa periklanan. Mereka umumnya membuat website atau blog yang di dalamnya terdapat iklan-iklan dari para pemasar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Mereka inilah para pelaku bisnis Contextual Advertising atau bisnis PPC (Pay Per Click) dan sejenisnya sebagaimana yang sudah saya jelaskan pada kesempatan sebelum ini.

2. Menghemat biaya

Dengan internet marketing, banyak biaya promosi yang bisa ditekan dalam jumlah yang sangat signifikan. Sebagaimana yang sudah kita maklumi, bahwa biaya promosi suatu produk melalui marketing konvensional biasanya memakan biaya yang tidak sedikit, seperti mencetak brosur dan pamflet, memasang iklan reklame, memasang iklan di media cetak atau media elektronik seperti televisi dan radio, dan sebagainya. Biasanya ini hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki modal besar. Sementara pengusaha kecil menengah dan usaha rumahan umumnya tidak bisa memanfaatkan media ini untuk memperkenalkan produknya. Paling-paling mereka hanya membuat brosur, pamflet dan sejenisnya dengan jangkauan wilayah yang sangat terbatas.

Belum lagi ketika mereka harus membuat display konvensional untuk memajang produknya, pasti membutuhkan tempat semacam toko, lapak dan sejenisnya yang tentunya membutuhkan modal yang tidak sedikit. Ditambah lagi dengan dekorasi interior, peralatan etalase dan lain-lain yang biasa ada di sebuah toko atau display produk.

Melalui internet marketing biaya pemasaran bisa menjadi lebih hemat dengan tingkat efisiensi yang sangat signifikan. Pelaku internet marketing tidak membutuhkan cetakan brosur, pamflet, baliho, banner dan sejenisnya untuk bisa menyentuh konsumen. Mereka juga tidak membutuhkan iklan di televisi nasional untuk bisa menjangkau konsumen ke seluruh pelosok negeri. Mereka juga tidak membutuhkan tempat atau toko untuk memajang produknya. Dengan memanfaatkan fasilitas internet yang gratisan, mereka bisa membuat toko online sendiri untuk memperkenalkan produknya dan mendatangkan konsumen ke toko tersebut. Kalau pun ada fasilitas internet yang berbayar, harganya tidak terlalu signifikan dibanding dengan manfaat besar dan hasil yang didapatkannya.

3. Menghemat tenaga dan waktu

Internet marketing juga memungkinkan kegiatan pemasaran menjadi lebih hemat dari sisi tenaga dan waktu. Dengan fasilitas display online (berupa website atau blog) kegiatan pemasaran bisa dilakukan secara paralel dan terus menerus.

Satu buah website bisa melayani request beberapa customer dalam satu waktu dengan jumlah yang “tidak terbatas”. Dalam sekali waktu, ia bisa bekerja sebagai sales yang memperkenalkan dan menjelaskan produk kepada sejumlah pengunjung yang membacanya, dan di sisi lain pada waktu yang sama ia juga bisa bekerja sebagai pencatat database pemesanan dari ribuan customer. Coba bayangkan jika hal ini dilakukan secara konvensional..! Butuh berapa karyawan untuk menjalankannya..?

Website atau blog bisa bekerja selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam sepekan, tanpa ada istilah lelah dan libur. Mereka bisa bekerja dengan performa yang baik dan “stamina” yang stabil, disaat kita sedang istirahat, makan, berlibur dan sebagainya. Bahkan disaat kita sedang tidur, ia tetap bekerja.

Bahkan website tidak pernah mengeluh dan menuntut apa pun kepada kita sebagai pemilik usaha. Yang perlu kita lakukan hanyalah melakukan maintenance (pemeliharaan) agar website tersebut tetap bisa bekerja dengan baik. Sementara proses maintenance itu sendiri merupakan pekerjaan yang sangat mudah, sederhana dan tidak perlu dilakukan setiap hari, bahkan sebulan sekali pun belum tentu. Jika demikian, tentunya pemeliharaan website tersebut menjadi jauh lebih mudah dan murah dibanding memelihara sejumlah karyawan marketing dan customer services.

4. Memungkinkan jangkauan yang sangat luas

Dengan fasilitas sederhana, juga biaya dan tenaga yang sangat minim, internet marketing mampu menjangkau pemasaran yang jauh lebih luas. Tidak hanya dalam skala lokal nasional, namun juga dalam skala global internasional. Tentu sangat berbeda dengan ketika kita membuka toko konvensional yang jangkauannya hanya sebatas area tertentu.

Melalui internet marketing, tidak sedikit produk-produk rumahan yang sederhana mampu menjangkau pasar luar negeri. Walau pun website atau blog kita berbahasa Indonesia misalnya, dengan fasilitas translator yang ada internet, maka sangat memungkinkan untuk bisa dibaca dan difahami oleh siapa pun di penjuru dunia ini.

5. Bisa dilakukan secara fleksibel dalam hal waktu maupun tempat

Untuk menjalankan internet marketing tidak perlu terikat oleh waktu dan tempat tertentu. Ia bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja selama masih ada akses internet. Apalagi dengan semakin berkembangnya teknologi gadget saat ini, dimana kita bisa mengakses internet tidak hanya dengan komputer atau laptop, melainkan bisa juga dengan alat-alat portable seperti tablet, smartphone dan sejenisnya, tentu lebih memudahkan lagi.

Dengan keadaan yang seperti ini, internet marketing bisa dilakukan sebagai kegiatan sampingan tanpa harus mengganggu pekerjaan utama kita. Namun sangat besar kemungkinan ketika profit dari bisnis ini sudah mencapai tingkat yang menjanjikan dan stabil, bisa dijadikan bisnis utama, bahkan kita berani untuk keluar dari pekerjaan yang selama ini kita jalani.




No comments:

Post a Comment

Buat Email | Copyright of "EMPERAN MASJID" TEMPAT KONGKOW NYA ANAK MASJID.